Jumat, 07 Februari 2014

Internet

Kita berada pada masa dimana dunia ini seolah begitu sempit. Sempit dalam artian bahwa anda bisa mendapatkan informasi dari berbagai negara yang nun jauh disana dengan sekejap. Beberapa orang menyebutnya globalisasi yang dimana banyak pertentangan tentang hal ini mengenai baik atau buruk. Bagaimanapun segala hal yang terjadi pada masa kini adalah hasil dari penemuan dimasa lalu. Ya, saya sedang membicarakan internet, teknologi modern yang sangat kekinian. Apa yang ditawarkan internet yang paling penting adalah bahwa setiap orang yang mungkin saja tak punya gelar, lisensi, keprofesionalan, dll bisa terlihat tak ada bedanya dengan yang profesional.

Bayangkan 50 tahun yang lalu saat internet belum populer dan bahkan mungkin sama sekali belum ditemukan, yang seolah berhak mempublikasikan informasi berita berbagai hal termasuk yang tidak penting sama sekali mungkin hanya orang yang berkecimpung di dunia profesionalitas itu. Maksud saya seperti jurnalis koran atau majalah, wartawan, reporter, penyiar radio, pembawa berita tv, atau bahkan pemerintah fasis di suatu negara untuk mempropagandakan ideologi politik mereka. Tapi hari ini semua orang dapat membuat berita atau informasi dan menguploadnya di internet yang bisa dibaca orang banyak seolah dia profesional padahal mungkin informasi yang diberikannya sama sekali tidak penting(baca: seperti tulisan saya ini).

Ya mungkin itulah yang diberikan internet lebih dari media lain. Jika di tv maka kita hanya mendapat informasi yang tv informasikan, kita bisa memilih salurannya tapi bukan informasinya. Mendengar musik di radio kita hanya akan mendengar apa yang radio suarakan, bahkan walau kita bisa memesan langsung lagunya lewat telepon kepada saluran radio tersebut, tetap saja kita mengikuti yang radio sajikan. Berbeda dengan internet, internet membuat kita bisa memilih dan mencari apa yang kita inginkan. Jika ingin melihat video yang anda inginkan anda bisa search langsung di youtube, bahkan sebenarnya anda bisa menjadi orang yang ditonton jika anda meng upload video anda disana. Internet memberikan kita banyak pilihan yang karena bisa dipakai berbagai orang untuk melakukan sesuatu seperti berdagang, membuat karya(tulis, video, gambar). Hal ini membuat kita sadar bahwa setiap manusia memiliki potensi.

Sekarang pertanyaannya adalah apakah kita sudah menggunakan internet dengan baik?
Segala hal baik tidak akan selalu baik begitupun sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar